Senin, 31 Oktober 2016

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor

Kapasitas penggunaan air pada mesin cuci diatur oleh besarnya ukuran tabung pencucian dan pengeringan pada mesin cuci 2 tabung. Sedangkan pada mesin cuci 1 tabung front loading dan top loading, penggunaan air dapat lebih hemat karena penggunaannya tidak sebanyak pada mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci yang memiliki pengaturan khusus untuk ukuran air bisa saja mengalami kendala sehingga terjadi kebocoran. Air yang bocor atau meluap terus menerus akan membuat hasil cucian tidak bersih dan boros air. Lalu bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang bocor? Adakah cara untuk memperbaikinya?

Cara memperbaiki mesin cuci yang bocor tidak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat melakukannya seperti berikut :

1. Mengecek kerat sekat di bagian bukaan dan tabung mesin cuci
Jika anda pernah mengalami keadaan mesin cuci bocor dan airnya menetes pada saat digunakan, lakukan pengecekan kerat sekat mesin cuci. Kerat sekat ini berada dibagian bukaan atau pintu mesin dan tabung mesin cucinya. Biasanya hal ini terjadi karena sekat-sekatnya tipis/bolong sehingga air keluar terus. Anda bisa melakukan penggantian sekatnya dengan yang baru agar air tidak bocor lagi.

2. Mengecek pipa karet dibawah tabung
Tips selanjutnya cara memperbaiki mesin cuci yang rusak karena airnya bocor adalah mengecek pipa karet dibagian bawah tabung mesin cuci. Jika pipa karetnya bolong atau rusak, segera diganti dengan yang baru agar kebocoran airnya tidak terlalu lama.

3. Mengecek katup karet penyumbat
Cara memperbaiki mesin cuci yang bocor ini dapat dilakukan jika air cucian menyusut habis padahal proses pencucian pakaian belum selesai. Biasanya keadaan ini sering terjadi pada mesin cuci 2 tabung. Cobalah membuka tutup bagian belakang mesin cuci dan cari tari laso yang disambungkan dengan knop wash drain. Putar ke kiri, angkatlah dan lepaskan dari bagian dalamnya maka akan terlihat katup karet penyumbat berwarna hitam. Jika katup karetnya tersumbat benda-benda kecil bersihkan saja, tapi jika katup karetnya sobek atau rusak gantilah dengan yang baru. Setelah itu, anda dapat memasang kembali soket atau katup karet ini dengan memutarnya searah jarum jam, tutup dengan kencang.

4. Melakukan pengecekan saluran pembuangan air
Tips berikut ini dapat dilakukan pada semua tips mesin cuci. Cara memperbaiki mesin cuci otomatis dan semi otomatis yang airnya bocor adalah melakukan pengecekan pada pembuangan air. Periksa saluran tersebut, jika bocor lakukan perbaikan atau ganti dengan yang baru. Namun jika saluran tersumbat akibat sisa-sisa kotoran cucian seperti serpihan batu, tanah dan benda-benda kecil lainnya anda dapat membersihkannya secara teratur.

Demikianlah penjelasan cara memperbaiki mesin cuci yang bocor semoga bermanfaat untuk anda. Bila anda masih mengalami kesusahan untuk memperbaikinya silahkan menghubungi teknisi mesin cuci yang sudah profesional. Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar